Keunggulan Teknik Informatika

Keunggulan jurusan teknik informatika



1. Lulusan teknik informatika banyak dilirik oleh perusahaan berskala menengah dan atas, karena sebagaimana yang disebutkan diatas perusahaan dengan model tersebut pasti sudah memiliki divisi IT. Karena umumnya yang merekrut sarjana-sarjana IT adalah perusahaan menengah keatas, maka itu sebabnya gaji sarjana IT terbilang cukup besar. Google menggaji programmernya 1,23 milyar pertahun, programmer facebook menerima 1,19 milyar, sedangkan perusahaan apple menggaji programmernya 1,1 milyar pertahun.

2. Sarjana IT sangat berpeluang untuk menciptakan bisnis sendiri. Sebut saja Kaskus sebuah perusahaan Startup lokal terbilang paling sukses yang didirikan oleh andrew darwis. Dan masih banyak Startup di indonesia yang pada umumnya digagas oleh sarjana IT.

3. Di Teknik informatika tidak mempelajari pelajaran (yang sebagian orang berpendapat) momok bagi para pelajar seperti kimia, biologi atau fisika. Teknik informatika lebih fokus kepada analisis teknologi, logika pemograman dan membuat sistem bisnis yang cerdas karena sarjana teknik informatika akan merubah sistim bisnis yang selama ini dikerjakan manual menjadi sistem komputerisasi yang membuat lebih efisien.
Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat,maka program pendidikan pada program studi Teknik Informatika diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan padakemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, sertamenciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Disamping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar ilmu dan tenologiinformasi sebagai landasan untuk pengembangan studi lanjutan.Berdasarkan hal di atas , program studi Teknik Informatika bertujuanmemenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang teknologi informasi.Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasiskompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatanlokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkatlunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memilikidaya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan teknologi informasi yangmemadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunyadi masyarakat.Dan sekarang pada era Informasi, hampir seluruh Alumni Teknik Informatika tidak ada yang menganggur, dan telah tersebar di seluruh Indonesiadalam berbagai profesi bahkan mencakup hampir seluruh bidang profesi yang ada,seperti Dosen, staf IT, wiraswasta, dan lainnya. Peluang Alumni Teknik Informatika sangatlah besar karena semua bidang profesi membutuhkan bidang IT.

Komentar

  1. Bagaimana keunggulan jurusan Teknik Informatika membuka peluang besar bagi lulusannya untuk bekerja di perusahaan berskala menengah dan atas, dan apa dampaknya terhadap tingkat gaji sarjana Teknik Informatika? Visit us Telkom University

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenapa UMM ?

Banjarmasin, Kalimantan Selatan